Yang Punya Hardisk Eksternal Wajib Baca!

Jaman sekarang orang gak lagi butuh flashdisk. Sekarang ke mana-mana bawa hardisk eksternal. Karena yang dikopi bukan lagi mp3 atau dokumen biasa, tapi film-film HD yang ukurannya giga-an. Tapi, punya hardisk bukan cuma urusan kopi-paste to’. Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan berkaitan dengan spesifikasinya, biar gak asal beli dan asal colok.

Hardisk eksternal = hardisk internal

Sampai sekarang banyak orang yang tidak tahu kalau hardisk eksternal sebenarnya adalah hardisk internal yang ‘dipakein baju’. Kalau Kamu bongkar, dalamnya sama persis seperti yang kamu pake di PC atau laptop. Hanya saja di dalam hardisk eksternal, hardisk disambung ke papan sirkuit supaya ada ‘colokan’ USB-nya–sehingga bisa ‘nyolok’ dari luar PC. Jadi sebenarnya Kamu bisa tukar ‘jeroan’-nya dengan yang di dalam PC/laptop–misalkan supaya kapasitasnya lebih besar.

passport-2tb-inside

Benarkah USB 3 lebih cepat dari USB 2?

Sekarang semua toko menjual hardisk dengan koneksi USB 3 karena katanya lebih cepat. Tapi seberapa cepat? Secara teori USB 3 10x lebih cepat dari USB 2, yaitu 625 MB per detik. Jadi ngopi film bisa beberapa detik saja.

Tapi tunggu dulu! Kecepatan itu bisa dicapai kalau ‘lubangnya’ juga USB 3. Bagi yang tidak merasakan kecepatan USB 3 berarti ‘nyolok’ di lubang yang salah; itu bukan USB 3 tapi USB 2. Ciri lubang (port) USB 3 biasanya diberi warna biru.

usb 2 & usb 3 port

Jenis-jenis colokan USB

Lubang USB di PC atau laptop mungkin sama saja, tapi lubang di hardisk eksternal itu sendiri dan kabelnya bervariasi–berlaku untuk gadget. Coba tengok jenis-jenis lubang/colokan USB di bawah!

543406150_269

 Apa maksudnya SATA? Bedanya SATA 2 dan SATA 3?

Seperti yang sudah dibahas di atas, hardisk eksternal di dalamnya adalah hardisk internal. Koneksi dari komputer ke hardisk internal secara langsung adalah Serial ATA (SATA). Hanya saja dalam hardisk eksternal, SATA itu disambungkan ke sirkuit USB. SATA sepertihalnya USB mempunyai seri masing-masing sesuai kecepatannya. SATA 2 memiliki kecepatan 3 Gbps, sementara SATA 3 memiliki kecepatan 6 Gbps. Kalau kamu beli hardisk USB 3, maka pasti hardisknya adalah kategori SATA 3, karena kecepatannya sebanding. Jadi kalau kamu mau mengganti ‘jeroan’ hardisk eksternal USB 3 pastikan kamu menggunakan SATA 3.

konektor SATA
konektor SATA

Tips untuk pengguna Mac

Umumnya kalau kamu beli hardisk eksternal, biasanya sudah terformat NTFS. Kalau kamu membukanya menggunakan Mac (Macbook, iMac, atau MacPro), maka hardisk kamu gak akan bisa kebaca, kecuali menginstall aplikasi NTFS 3G atau sejenisnya. Karena Mac punya format sendiri, yaitu OSX Extended. Ada baiknya, kalau kamu sehari-harinya menggunakan Mac, format hardisknya menggunakan format itu. Karena lebih aman. Atau buat 2 partisi, satu NTFS, satunya lagi OSX extended. Penggunaan format yang berbeda (karena platformnya berbeda), biasanya akan sering timbul masalah–bisa berakibat hilangnya data.

Screenshot_12_2_15__13_19

 

Hardisk tercepat saat ini adalah SSD

Saat ini ada jenis hardisk baru, namanya SSD (Solid State Drive). Bedanya, hardisk ini tidak seperti hardisk pada umumnya, yaitu tidak menggunakan cakram magnetik. Ia menggunakna IC (integrated circuit) sepertihalnya flashdisk dan memori RAM. Otomatis kecepatannya jauh di atas kecepatan hardisk biasa yang terbatas pada kecepatan putaran cakram. Selain itu lebih tahan pada guncangan, karena tidak ada part yang bergerak–hardisk biasa sangat rentan terhadap guncangan.

Namun harganya  saat ini masih mahal–256 GB harganya sejuta lebih. Tapi kecepatannya sangat signifikan dibandingkan kamu ganti memori! Coba saja ganti hardisk sistem (tempat Windows diinstall) dengan SSD, proses booting dan buka aplikasi akan ngebut!

0800-ssd-sandisk