Ternyata Ini Arti “DCIM” Sebenarnya! Kenapa Semua Kamera Menyimpan Fotonya di Folder ini?

Tidak peduli kamu pake kamera apa, DSLR atau kamera HP, Canon atau Nikon, Samsung atau Xiaomi.. selalu hasil fotonya disimpan di folder DCIM. Sekalipun kamu menemukannya di folder bernama “100EOS5D”,”101MSDCF”, “Camera”, dll.. tetap induknya adalah DCIM. Jadi DCIM itu apa sebenarnya?

DCIM singkatan dari Digital Camera IMage. Folder ini adalah folder baku yang jadi rujukan semua kamera untuk menyimpan hasil fotonya. Ketika si kamera tidak menemukan folder ini, katakanlah karena kamu menghapusnya di explorer, secara otomatis dia akan menciptakan folder DCIM lagi.

Ini adalah salah satu ketentuan dari yang namanya DCF (Design rule for Camera File system). DCF dibuat oleh lembaga teknologi di jepang, JEITA (Japan Electronics and Information Technology Industries Association).

DCF mengatur struktur folder, penamaan file, format, dan juga metadatanya. Intinya, DCF memastikan bahwa semua kamera bisa saling kompatibel dalam hal penyimpanan data, dan memudahkan software-software mengenalinya untuk menampilkannya atau melakukan transfer.

DCF juga mengatur penamaan sub folder di dalamnya. Maka kamu akan menemukan folder-folder seperti 100EOS5D kalau di Canon, 100MSDCF di Sony, atau 100ANDRO kalau di Android. Karena sub-sub folder harus mengikuti ketentuan: diawali tiga digit angka, diikuti dengan nama bebas tergantung dari kameranya. Di dalam sub folder tersebut barulah file-file foto disimpan.

Kamu juga akan mungkin menemukan folder .thumbnail. Folder ini menyimpan file thumbnail (foto ukuran kecil) yang secara otomatis diciptakan ketika kamu memotret. Tujuannya supaya software (atau kamera itu sendiri) bisa menampilkan galeri foto dengan lebih cepat.

Dengan mekanisme yang dibuat oleh DCF ini, seharusnya kamu tidak perlu menampilkan atau memindahkan foto secara manual melalui Windows Explorer, di mana kamu harus masuk ke sub-sub folder. Kamu bisa menggunakan software penampil foto yang umumnya bisa membaca folder DCIM, dan secara otomatis menampilkan galeri semua foto yang ada di dalamnya, tanpa kamu harus membuka-buka folder.

Untuk Android misalnya, bukankah ketika kamu menghubungkannya ke PC melalui USB ada pilihan: Transfer Files (MTP) dan Photo Transfer (PTP)? Kalau kamu hanya ingin menampilkan atau memindahkan foto, pilih PTP, karena PC akan menampilkan foto secara langsung berdasarkan folder DCIM ini.

Transfer foto menggunakan mode PTP (Photo Transfer) Android di Image Capture Mac

 

 

Leave a Reply