Sony Catalyst Edit: Software Editing Baru Pengganti Sony Vegas?

Sony mengeluarkan software editing baru yang namanya Sony Catalyst Edit. Dari tampilannya, software editing ini kelihatannya lebih menarik mata, lebih fresh, dan lebih modern dibandingkan Sony Vegas. Tapi apa maksudnya Sony mengeluarkan software ini? Apakah untuk menggantikan Sony Vegas?

Ternyata tujuannya bukan untuk itu.¬†Seperti yang kita tahu, kalau dibandingkan dengan pesaingnya di antara software-software editing profesional lainnya seperti Final Cut Pro, Adobe Premiere, dan Avid Media Composer, Sony tidak terlalu fokus pada pembuatan software Post Production. Sony Catalyst Edit dibuat untuk memudahkan konsumennya mempersiapkan hasil syuting¬†(terutama yang menggunakan kamera product Sony) sebelum mereka menyelesaikannya di editing. Singkat kata, software ini bisa digunakan untuk proses ‘roughcut’.

Tapi walaupun begitu, software ini tampak profesional selayaknya software-software editing pro lainnya. Cara penggunaannya pun terbilang mirip dengan Sony Vegas. Sehingga kalau Kamu terbiasa menggunakan Sony Vegas, otomatis menggunakannya semudah membalik telapak tangan. Pada beberapa hal, Sony Catalyst lebih unggul. Salah satunya mampu mengedit materi 4K dan yang pasti sangat mendukung kamera-kamera baru dari Sony. Interface-nya pun lebih menarik dan mengatur audio multichannel dengan mudah. Terdapat juga plugin-plugin fx yang bisa Kamu gunakan untuk memberi sentuhan lebih.

Setelah Kamu ngedit dengan software ini, Kamu bisa melakukan finishing di FCP, Premiere, atau yang lainnya. Harganya $400.

Kesimpulannya, Sony Catalyst Edit layak dicoba!