Pertolongan Pertama Pada FCP: Hapus Preferences-nya!

Troubleshooting paling populer untuk mengatasi berbagai permasalahan di FCP adalah dengan menghapus preferences-nya. Menghapus preferences artinya mengembalikan FCP ke kondisi awal seperti saat FCP pertamakali diinstal. Salah satu contoh permasalahan yang bisa ditangani oleh cara ini adalah ketika FCP tidak bisa terbuka sama sekali (icon aplikasi FCP diam saja ketika diklik). Atau saat Anda menemukan gejala aneh di FCP, timeline terasa berat, sering muncul “Out of Memory” juga bisa ditangani dengan cara ini (walaupun tidak selalu berhasil).

Caranya:

  1. Tutup FCP terlebih dahulu
  2. Buka Finder, arahkan ke lokasi ~/Library/Preferences. ~ adalah folder home user Anda. (Anda bisa menemukan folder library di menu ‘Go’ sambil menekan tombol option di keyboard)
  3. Hapus file com.apple.FinalCutPro.plist
  4. Masih di folder Preferences, buka folder Final Cut Pro User Data, lalu hapus tiga file di dalamnya: Final Cut Pro 7 Prefs, Final Cut Pro Obj Cache, dan Final Cut Pro Prof Cache.
  5. Buka kembali FCP, dan lakukan setting ulang format dan scratch disk

Tidak perlu khawatir untuk menghapus file-file preferences tersebut, karena begitu Anda buka kembali, FCP akan membuatkannya yang baru. Coba lihat apakah permasalahan Anda sudah hilang atau belum.

Leave a Reply