Mengatasi “General Error” Di FCP 7

general error

Pengguna FCP 7 pastinya pernah mengalami munculnya pesan “General Error” saat mengedit. Permasalahan ini sangat mengganggu proses editing, dan celakanya sequence yang mengalami error ini tidak bisa dirender dengan sempurna, juga tidak bisa diexport.

Satu hal yang pasti, “General Error” ada hubungannya dengan file yang sedang diedit. Penyebabnya ada tiga kemungkinan:

  1. File video yang sedang Anda edit mengalami ‘corrupt’.
  2. Anda menggunakan file gambar/foto (jpg, png, tif, dll) yang resolusinya terlalu besar.
  3. Anda mengedit file HD menggunakan hardisk eksternal USB (USB tidak terlalu cepat untuk menangani file HD).

Untuk mengatasinya Anda harus mengetahui dahulu file/klip mana yang menyebabkan General Error. Caranya adalah dengan me-render sebagian-sebagian sampai Anda menemukan klip yang tidak bisa dirender karena General Error. Lalu lakukan hal berikut:

  1. Jika General Error terjadi pada file foto (atau gambar still secara umum), cek resolusinya! Jika memang terlalu besar (umumnya dari DSRL), turunkan resolusinya menggunakan photoshop atau software pengolah gambar lainnya. Turunkan ke ukuran yang mendekati resolusi project yang sedang digunakan (misal ke 1920×1080 untuk project HD). Ganti gambar sebelumnya dengan gambar yang sudah di-resize tersebut.
  2. Jika error terjadi pada file video, cek apakah file tersebut ada di hardisk eksternal. Jika ya, coba pindahkan file tersebut ke hardisk internal dan reconnect ke file internal tersebut. Jika masih terjadi error, maka kemungkinan file tersebut corrupt. Terpaksa Anda harus menggunakan file lain yang aman. Corrupt biasanya terjadi karena saat memindahkan data, kabel penghubung (usb) tidak stabil atau sudah tidak layak pakai–Anda harus membeli kabel baru yang lebih baik kualitasnya.
  3. Hati-hati melakukan proses editing file-file HD langsung dari hardisk eksternal. Walaupun hardisk Anda USB 3, tetapi kalau Anda menghubungkannya ke port USB 2, proses baca data tetap akan menggunakan speed yang paling rendah (USB 2). Untuk file-file HD (1920 x 1080p atau 1280 x 720), USB 2 sudah tidak mumpuni lagi. Ketika Anda mengedit, file-file tersebut akan dibaca dari eksternal, dan ketika kecepatan ‘aliran’ kabelnya tidak secepat kecepatan video diputar (video data rate) saat itulah terjadi General Error. Selalu cek ketika Anda menancapkan hardisk eksternal ke PC atau Mac, apakah hardisk Anda terhubung ke USB 2 atau USB 3 (port USB 3 berwarna biru). Yang paling aman untuk mengedit dari hardisk eksternal adalah sebaiknya Anda gunakan koneksi FireWire 800 .

usb 2 & usb 3 port        lacie-rugged-triple-usb-3-0-firewire-800-400x400-imadna3yzfk2dwjw_060315_120754_PM

2 Comments on “Mengatasi “General Error” Di FCP 7”

  1. Om aku ada laptop lenovo y50. Cuma punya 1 hardisk bay dan tidak ada dvdroom. Rencananya sih mau upgrads pake ssd untuk edit video, sedangkan kalo pake ssd kabarnya ndak boleh copy paste berkali-berkali. Nah yang jadi pertanyan apakah aman mengedit video full hd 50fps (gopro) pake hardisk enclosure usb 3. Ada saran untuk enclosurenya kah?
    Nuwun

    1. Apakah maksudnya menggunakan SSD sbg eksternal? Kalo itu Saya belum pernah coba. Biasanya SSD (untuk saat ini) lebih disarankan untuk menggantikan hardisk sistem (tempat OS diinstall). Karena itu akan membuat performa OS jadi kencang, termasuk software editing. Saya pun sudah merasakannya, performanya jauh meningkat. Mengedit jadi lancar jaya!

      Saya pikir kalau untuk data (termasuk untuk menyimpan materi editing) cukup dengan hardisk eksternal USB 3 biasa. Itu sudah cukup. Lebih baik ganti hardisk internal laptop (yang terinstall windows) dengan SSD, dan hardisk lamanya dijadikan eksternal. Karena software maupun OS lebih butuh kecepatan (untuk render, export, dll) yang dipunyai SSD itu.

      Semoga membantu!

Leave a Reply