Install Ulang Mac Menggunakan Flashdisk

Install ulang Mac atau MacBook memang jarang dilakukan. Karena Mac relatif lebih aman dan stabil dibanding Windows (ups..). Kalaupun harus diinstall ulang artinya pasti karena satu dan lain hal. Contohnya MacBook tiba-tiba lemot dalam jangka waktu yang lama, tidak bisa masuk OS sama sekali, ingin upgrade OS secara ‘bersih’, atau karena upgrade hardisk (seperti saya yang beberapa waktu lalu upgrade ke hardisk SSD).

Oleh karena itu, tidak heran kalau sedikit yang tahu bagaimana cara menginstall ulang Mac atau MacBook.

Oke.. untuk melakukannya, ini yang akan kita lakukan:

  1. Membuat installer OSX di flashdisk
  2. Booting dari flashdisk
  3. Memformat hardisk sistem
  4. Install OSX

#1- Membuat installer OSX di flashdisk

Untuk membuat installer OSX di flashdisk tentunya kamu butuh installernya.

Kamu dapat mendownloadnya di AppStore.

Jangan khawatir.. OS tidak akan langsung terinstall. Apple akan menyimpannya di folder Applications sebagai installer. Yang perlu kamu lakukan adalah.. begitu selesai download, langsung pindahkan dari Applications ke tempat lain.

Saya akan memindahkannya ke Desktop supaya mudah saat pembuatan installer di flashdisk.

(saat saya membuat artikel ini, OSX terbarunya adalah OSX Yosemite.. karena itu saya akan menggunakan ini sebagai contoh)

28_05_2015_06_48

Jangan lupa flashdisknya! Kamu butuh flashdisk minimal 8 GB. Dan ingat.. semua data yang ada di dalam flashdisk akan terhapus!

Ok kalau sudah, lakukan langkah berikut:

  1. Colok flashdisk Kamu
  2. Buka Terminal (Applications / Utilities / Terminal)
  3. Ketik perintah berikut di terminal
sudo ~/Desktop/Install\ OS\ X\ Yosemite.app/Contents/Resources/createinstallmedia –volume /Volumes/UNTITLED –applicationpath ~/Desktop/Install\ OS\ X\ Yosemite.app/

Perhatikan yang diberikan warna merah! “~/Desktop/Install\ OS\ X\ Yosemite.app/” adalah path atau lokasi file installer-nya (yang kita simpan di Desktop tadi). Sedangkan /Volumes/UNTITLED adalah lokasi flashdisk saya (karena nama flashdisk saya “UNTITLED”). Ganti kedua path itu kalau punyamu berbeda.

Masukkan password administrator login Kamu ketika diminta. Setelah itu enter!

Dan proses pembuatan installer di flashdisk akan berjalan.

Catatan: Kalau gagal, artinya ada yang salah dengan perintah di terminal tadi. Di terminal, perbedaan huruf kecil dan besar pengaruh. Ada spasi atau tidak juga pengaruh. Tipsnya.. ketika mengetikkan path, ketikkan beberapa huruf saja lalu tekan TAB di keyboard. Contoh di atas.. ketik “~/Desk” lalu TAB, maka terminal akan melengkapinya jadi “~/Desktop/”, lalu ketik lagi “Inst” lalu TAB lagi, maka terminal akan melengkapinya jadi “~/Desktop/Install\ OS\ X\ Yosemite.app/” dan begitu seterusnya sehingga seperti perintah di atas. Garis miring kiri (backslash) adalah penulisan kalau nama filenya memiliki spasi. Dalam contoh “Install OS X Yosemite.app” harus tertulis “Install\ OS\ X\ Yosemite.app”. Sebenarnya kamu bisa me-rename filenya dulu, misalnya jadi “installer.app” saja sehingga lebih mudah.

#2- Booting dari flashdisk

Sebelum booting.. ingat bahwa kita akan memformat hardisk sistem. Karena itu, kalau masih ada data penting di sistem (My Document) backup sekarang juga!

Oke.. sekarang restart Macbook Kamu!

Tekan dan tahan tombol Option di keyboard ketika Mac mulai restart.

Ketika muncul pilihan drive.. Pilih flashdisk dan Enter.

boot-from-usb

 

#3- Memformat hardisk sistem

Setelah tampilan OSX terbuka..

Pilih Disk Utility di menu Utilities, lalu pilih drive sistem kamu dan format!

28_05_2015_08_22

 

#4- Install ulang MacBook

Setelah selesai diformat.. tutup Disk Utility, lalu pilih hardisk sistem yang sudah diformat tadi dan install OS nya.

Dari sini, Ikuti petunjuk sampai selesai. Jangan khawatir.. menginstall Mac tidak serumit menginstall Windows 🙂

4 Comments on “Install Ulang Mac Menggunakan Flashdisk”

  1. Gan..klo udh masuk k disk utility,tp hardisk yg mau d erase gak ke baca,gmn solusinya yaak,,mohon bantuanya

    1. Hardisk eksternal? Gak muncul sama sekali drive-nya? Sebelumnya memang sering bermasalah apa gimana? Kalau memang gak kebaca, kemungkinan koneksinya gak bener. Bisa jadi kabelnya atau IC di board ekstenalnya. Kalau udah begitu, harus dibongkar. Cabut hardisk di dalemnya (baca http://rumaheditor.com/yang-punya-hardisk-eksternal-wajib-baca/).

      Beli HDD enclosure (casing hardisk), terus pasang daleman hardisk itu di HDD enclosure itu! Mudah-mudahan bisa kebaca. Atau hardisk dalemannya itu dipasang di kabel SATA-nya PC.

  2. Gan mohon bantuannya. Mac saya digandeng dengan windows 10 dan sewaktu windows 10 selesai di partisi dan di restart malah g muncul option utk bs pilih antara mac dan windows. Yg kebaca sekarang cuma windows. Mohon bantuannya gan. Tengkyu

    1. Mac nya jadi dual OS: Mac & Windows? Masing2 di drive yang berbeda? Untuk booting OS di drive tertentu, saat mac baru nyala tahan Alt sampai muncul pilihan drive. Pilih drive di mana OS (mac atau windows) berada, maka seharusnya bisa booting dengan normal sesuai OS masing2.
      Btw, Anda install windows pake bootcamp?

Leave a Reply