Fitur Baru Adobe Premiere : Auto Reframe, Diperkenalkan Di IBC 2019

Di zaman media sosial sekarang ini, penting bagi pembuat konten untuk menghadirkan videonya di semua platform (Youtube, Facebook, Instagram, dll). Sementara itu, walaupun tampak sederhana, menyesuaikan komposisi gambar dengan aspek rasio yang berbeda (misalnya dari aspek rasio Youtube yang horisontal ke aspek rasio IGTV yang vertikal) pasti makan waktu. Adobe ingin membantu kamu menghilangkan kesulitan itu dengan memperkenalkan fitur barunya Premiere Pro yang disebut Auto Reframe.

Mesinnya AI (Artificial Intelligent) Adobe, Adobe Sensei, adalah otak di balik fitur ini. Ya, Auto Reframe memanfaatkan kemampuan AI dan kemampuan belajarnya mesin (machine learning) untuk menyusun dan memformat ulang konten video secara cerdas untuk berbagai aspek rasio. Dari Video promonya, Adobe memperlihatkan bahwa video yang sama bisa dikonversi menjadi aspek rasio Horizontal 16:9, Horizontal 4:3, Square 1:1, dan Vertical 9:16 dengan satu klik. Walau begitu, Kamu juga bisa memilih ukuranmu sendiri.

Fitur ini belum tersedia secara resmi. Menurut blog resminya , Adobe sudah mendemokan fitur baru ini di International Broadcasting Convention (IBC) 2019 yang saat ini sedang berlangsung di Amsterdam. Tetapi mereka berjanji bahwa fitur ini akan diluncurkan untuk Mac akhir tahun ini. Lalu setelah itu tersedia untuk Windows.

Ketika nanti diluncurkan, ini akan jadi solusi besar bagi seluruh pembuat konten di seluruh dunia di mana ada banyak aspek rasio di berbagai platform yang berbeda. Karena sampai sekarang, pembuat konten harus dengan susah payah mengedit video yang sama untuk setiap platform, frame demi frame, untuk memastikan komposisinya tetap enak dilihat. Jika Auto Reframe berfungsi sebaik yang diiklankannya, ini akan menjadi game-changer dan memberi keuntungan besar buat Premiere Pro mengalahkan Final Cut Pro X Apple.

 

Leave a Reply